Senin, 03 Oktober 2016

[INDEX] Daftar Tugas Mata Kuliah Filsafat Pendidikan

1.Immanuel Kant dan Ilmu Filsafatnya 
2. Pemikiran Kritis Dialektis 
3. Manusia dan Kematiannya
4. Islam dengan Filsafat
5. Dua Pandangan Filosofis
6. Socrates Hidup dan Kematian Bapak Filsafat Barat 
7. Hati dan Akal Manusia
8. Sejarah Filsafat Barat dan Timur
9. Tindakan dan Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari
10. Kebenaran Menurut Filsafat
11. Teori Kebenaran dalam Fiilsafat 
12. Kepercayan dalam Segala Hal
13. Pengertian Fakta Realita 
14. Sudut Pandang Filsafat 
15. Manfaat Filsafat dalam Kemandirian Bangsa 


16. Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Sejahtera 
17. Tiga Mentalitas yang Diperlukan untuk Pembangunan 
18. Proses Belajar Menurut Filsafat Barat dan Filsafat Timur 
19.  Alternatif Filsafat Barat dan Filsafat Timur dalam Proses Belajar
20. Filsafat Ki Hadjar Dewantara dalam Era Globalisasi 
21. Ruang Lingkup Bahasan Filsafat 
22. Hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan 
23. Aliran-aliran Filsafat Modern 
24. Teori Kebenaran Menurut Pandangan Filsafat dalam Bidang Ontologi 
25. Teori Kebenaran Menurut Pandangan Filsafat dalam Bidang Epistemologi 
26. Teori Kebenaran Menurut Pandangan Filsafat dalam Bidang Aksiologi 
27. Pandangan Filsafat Tentang Hakikat Manusia 
28. Sistem Nilai Kehidupan Manusia
29. Pandangan Filsafat Tentang Pendidikan 
30. Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional 


31. Hubungan Pancasila dengan Sistem Pendidikan di Tinjau dari Filsafat Pendidikan 
32. Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Tinjauan Ontologi 
33. Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Tinjauan Aksiologi 
34. Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Tinjauan Epistemologi 
35. Filsafat Pendidikan dan Kepribadian 
36. Filsafat Pendidikan dan Sumber Manusia 
37. Metafisika dan Pendidikan yang Realistis 
38. Epistemologi dan Pengetahuan Filsafat 
39. Aksiologi Pengetahuan Filsafat 
40. Pengertian Filsafat Pendidikan 
41. Paradok Matematika 
42. Krisis Matematika 
43. Platonisme dalam Aliran Matematika 
44. Absolutisme dalam Aliran Matematika 
45. Logisime dalam Aliran Matematika 


46. Intuisionisme dalam Aliran Matematika 
47. Falibilisme dalam Aliran Matematika 
48. Kebenaran Matematis dalam Filsafat  
49. Filsafat Formalisme 
50. Aspek Epistemologi Filsafat Formalisme
51. Kejadian dan Takdir
52. Kehidupan dan Perjuangan
53. Manusia dan Kebenaran
54. Perkembangan Filsafat Ilmu
55. Filsafat Ilmu Era Renaisance
56. Filsafat Ilmu Era Positivisme 
57. Ilmu dan Nilai
58. Prinsip Logiko Hipotetiko Verikatif
59. Manusia dan Tubuhnya 
60. Filsafat Dewasa Ini


61. Kesalahan-kesalahan Berpikir
62. Hukum Pemikiran adalah Hukum Alami
63. Peranan Logika Bagi Ilmu 
64. Peranan Berpikir 
65. Ciri-ciri Filsafat Dewasa Ini 
66. Idealisme Jerman 
67. Fenomenologi 
68. Peranan Filsafat dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan 
69. Penerapan Filsafat Pendidikan 
70. Pemupukan Modal sebagai Karakteristik Kapitalisme 

71. Kontrukstivisme dalam Pandangan Kognitif
72. PKL dalam Perspektif Filosofis 
73. Kontrukstivisme dalam Pendidikan Matematika 
74. Kontrukstivisme sebagai Epistemologi
75. Kontrukstivisme Metodologi 


76. Matematika Sebagai Aktivitas Insani
77. Pembelajaran Matematika Berbasis Aktivitas Insani 
78. Filsafat Bahasa 
79. Hubungan Filsafat dengan Bahasa 
80. Kontribusi Filsafat dengan Bahasa 
81. Pengertian dan Tujuan Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun 
82. Pandangan Ibnu Khaldun Mengenai Kurikulum dan Pendidikan 
83. Pandangan Ibnu Khaldun tentang Metode Pendidikan 
84. Pandangan Aristoteles tentang Etika 
85. Tindakan Manusia 
86. Pengembangan Diri 
87. Kebijaksanaan dan Rasionalitas 
88. Persahabatan 
89. Pengertian Bahagia 
90. Makna Bahagia menurut Pandangan Aristoteles (bagian 1) 


91. Makna Bahagia menurut Pandangan Aristoteles (bagian 2) 
92. Positivisme dan Perkembangannya 
93. Positivisme Logis 
94. Auguste Comte dan Positivisme 
95. Karl R Popper: Kritik Terhadap Positivisme Logis 
96. Pemikiran Karl R Popper 
97. Kritik Terhadap Popper 
98. Logika Sebagai Esensi dari Filsafat  
99. Krtik-kritik terhadap Atomisme Logis 
100. Konteks Sosial dan Lingkungan Intelektual
101. Hukum Tiga Tahap Auguste Comte
102. Kekuatan Produksi dan Hubungan Produksi
103. Hubungan Basis Ekonomi Masyarakat
104. Pertentanagan Kelas Sangat Menentukan Gerak Sejarah
105. Masyarakat Produksi

106. Masyarakat Produksi (Bagian 2)
107. Perbedaan Antara Filsafat Manusia dengan Ilmu-ilmu tentang Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar